Wednesday, July 15, 2009

Menjawab Peran Pemerintah

Apakah pemerintah perlu campur tangan?

Tentu kita sudah mengenal berbagai tanggapan atas pertanyaan ini lewat ekonom-ekonom besar macam Adam Smith, David Ricardo, Keynes hingga Milton Friedman. Namun, kali ini tidak ada salahnya memberikan kesempatan bagi ruang intelektual kita, menyimak tanggapan Abraham Lincoln (mantan presiden Amerikat Serikat), seperti yang dikutipkan di salah satu pidatonya pada 1 Juli 1854:

Sasaran sah pemerintahan adalah "melakukan untuk rakyat apa yang perlu dilakukan, tetapi mereka sendiri dengan upaya perorangan, tidak bisa melakukannya sama sekali atau melakukan dengan cukup baik untuk mereka sendiri" ... Dari sini tampak bahwa kalau semua orang itu adil, pemerintah masih diperlukan sedikit, meskipun tidak begitu banyak.
Sebuah jawaban filosofis yang kental semangat liberalisme dari seorang abolisionis yang cinta damai. Tidak lebih buruk dari komentar ekonom-ekonom di atas.

3 comments:

kigendengwaras said...

sedikit transalasi untuk pidato Abe:

"tetapi mereka sendiri dengan upaya perorangan, tidak bisa melakukannya sama sekali atau melakukan dengan cukup baik untuk mereka sendiri"
= barang publik

"Dari sini tampak bahwa kalau semua orang itu adil,"
= closely perfect information

:)

Archie said...

what about $1 trillion federal budget deficit?

Mungkin perlu agak sedikit banyak peran pemerintah ketika krisis kyknya nih pak Lincoln..

btw si Lincoln iluminati jg bukan? ehehehe

kigendengwaras said...

wah om karena lincoln lengser dengan cara dibnuh..menurut teori konspirasi dia bukan iluminati..hehehe

lagi pula sebagai liberalis sejati wajaraj Abe punya tanggapan gitu..masalh jaman dulu masih perbudakan belom ada derivasi ekonomi yang bernama "pasar modal" haha